Kamis, 29 Maret 2012


Tomcat adalah hewan sejenis kumbang atau dalam bahasa ilmiahnya adalah paederus fiscipes . Tomcat banyak ditemukan di daerah persawahan, tepi sungai, daerah berawa, dan hutan juga terdapat pada tanaman dengan kondisi yang tidak terawat bisa menjadi sarang dari tomcat tersebut . Selain itu tomcat data ditemukan pada tanaman padi dan jagung . serangga tomcat ini juga menyukai tempat-tempat yang terang .
Tomcat merupakan salah satu jenis hewan predator karena tomcat mencari mangsa berupa wereng dan hama padi yang biasa menjadi musuh para petani . Sebetulnya tomcat merupakan hewan yang dapat membantu petani karena tomcat dapat membasmi hama-hama yang terdapat di persawahan . Tetapi hewan ini juga berbahaya karena jika kita terkena racunnya ke permukaan kulit kita dan jika kita terkena racunnya dalam waktu singkat kita akan merasa gatal-gatal setelah itu akan menimbulkan efek panas atau seperti terbakar , dan setelah sekitar 12-48 jam akan muncul gelembung pada kulit dan disekitarnya terdapat berwarna merah menyerupai luka bakar atau terkena air panas .Penyakit tersebut dinamankan Dernatitis Contact Irritant .
Itulah manfaat atau keuntungan dan kerugian serangga Tomcat yang akhir-akhir ini merabah dan menjadi berita-berita saat ini, karena serangga ini dapat merugikan atau menguntungkan bagi manusia .

0 komentar:

Posting Komentar

aku tunggu komentarnya

Labels

 
Copyright (c) 2010 wiraanthony's blog. Design by WPThemes Expert

Themes By Buy My Themes and Top VPS Hosting.